Cadbury’s: George dan Nasib Pekerja

George Cadbury lahir pada tahun 1839 di Birmingham, Inggris, merupakan putra dari John Cadbury, pendiri perusahaan coklat Cadbury’s. Dia adalah penerus yang berhasil mengembangkan firma milik keluarganya menjadi perusahaan yang besar juga masyhur akan bubuk kakao dan permen coklat. Selain jasanya terhadap keluarga, dia juga terkenal berjasa menyejahterakan kehidupan pekerja kasar di banyak kota besar.



Dibanding dengan majikan yang lain George jauh lebih memahami kondisi buruh pabrik. Dia percaya bahwa kemiskinan yang banyak dialami buruh kala itu bukan karena kesalahan mereka sendiri. Menurutnya, mereka melarat karena lingkungan tempat tinggal yang buruk.


Salah satu usaha yang dilakukan George untuk mengubah nasib para pekerja adalah dengan membangun sebuah desa di dekat pabrik barunya di Bournville. Di sana terdapat rumah-rumah kecil yang nyaman yang dilengkapi dengan kebun dan sebuah lapangan. Seperti inilah contoh praktis dari George Cadbury yang berhasil membuat banyak orang mengikutinya.


Oleh Jihan


Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di bawah. Karena menurut saya, sebuah komentar adalah bentuk apresiasi paling sederhana. Terlebih komentar adalah sebuah penghargaan daripada hanya melihat, menengok terus pergi. Jadi, jangan segan untuk berkomentar.




Tag : Lain
0 Komentar untuk "Cadbury’s: George dan Nasib Pekerja"

Back To Top