Bermain Tenis yang baik itu

Dokumen Istimewa

Siapa yang tidak mengenal olahraga yang satu ini? Tenis adalah salah satu olahraga tertua yang terekam melalui pahatan yang dibuat sekitar 1500 tahun SM, di dinding sebuah kuil di mesir. Permainan ini kemudian meluas ke seluruh daratan eropa pada abad ke-8. 

Di era modern tenis menjadi gaya hidup masyarakat, juga merupakan salah satu tontonan yang menarik untuk terus disimak perkembangan kompetisinya. Nah, dengan pelbagai alasan tersebut lah tentunya sudah cukup bagi kita untuk turut bisa menguasai pula olahraga ini.

Sebelum mempelajari cara memukul dasar dalam tenis atau forehand, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pegangan (Grip) dasar dalam bermain tenis. Ada tiga cara untuk memegang raket, yakni Eastern Grip, Continental, dan Western Grip.

Cara memegang raket paling dasar adalah Eastern Grip, yaitu seperti bersalaman dengan orang lain. Ada pun cara memegang raket dengan Western Grip ini seperti mengambil raket yang berada diatas permukaan tanah.

Stance atau Posisi berdiri situasi dimana Ketika memukul bola, anda juga harus memperhatikan cara berdiri dari setiap pukulan. Ada 3 stance dalam tenis, yakni Pertama, Closed Stance. Ke dua Square Stance, dan yang Ke tiga netral Ke tiga Stance

Pada Closed Stance, posisi kaki kiri menyilang di depan kaki kanan. Sedangkan pada Open Stance, posisi kaki bisa dikatakan hampir sejajar. CaraMemukul Forehand adalah dengan mengatur posisi badan anda untuk memukul bola, dimulai dengan kedua kaki (mengatur posisi stance anda), sambil anda mangayunkan raket anda ke belakang, dan memposisikan diri anda paralel dari gerakan bola.

Ketika bola memasuki zona pukulan yang dikehendaki, ayunkan raket anda dengan natural hingga mencapai titik kontak antara bola dengan raket. Ketika terjadi kontak, usahakan bola berada di sweetspot raket untuk mencapai kesempurnaan pada pukulan.

Setelah terjadi kontak, lakukan followthrough dengan cara raket tetap diayunkan hingga melintasi badan kita (kearah pundak kiri). Jangan lupa untuk tetap menggerakkan atau mengayunkan kaki anda. Hal ini akan sangat membantu dalam memukul bola.

Selamat mencoba!
 
Kunjungi Juga Berita Jogja


Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di bawah. Karena menurut saya, sebuah komentar adalah bentuk apresiasi paling sederhana. Terlebih komentar adalah sebuah penghargaan daripada hanya melihat, menengok terus pergi. Jadi, jangan segan untuk berkomentar.




Tag : tips
0 Komentar untuk "Bermain Tenis yang baik itu"

Back To Top