Persamaan Iwan Fals Dengan Bob Geldof

Sama-sama sering terlihat tidak bercukur dan berpakaian seenaknya, Iwan Fals dan Bob Geldof ternyata sama-sama mempunyai kepedulian yang besar terhadap rakyat kecil. Berikut adalah beberapa persamaan Iwan Fals dengan Bob Geldof

Persamaan Iwan Fals Dengan Bob Geldof

Pada tahun 1984 Geldof menonton film tentang kelaparan di Etiopia. Dari situ kemudian dia mempunyai ide untuk membuat sebuah rekaman yang didukung oleh banyak bintang. Hasilnya kemudian disumbangkan kepada korban kelaparan di Etiopia. Melalui lagu “Do They Know It’s Christmas?” yang keluar tepat saat Natal 1984 Geldof dan kawan-kawannya berhasil mengumpulkan uang sebesar £5 juta. (Baca juga: Film Horor Jadul Paling Berpengaruh pada Era 80-an dan 90-an)

Dari situ mereka dikenal sebagai “Band Aid” yang berkeliling dunia untuk mengampanyekan masalah paceklik. Dengan kampanye tersebut, mereka bermaksud menggelitik orang-orang tenar agar menunjukkan rasa peduli mereka. (Baca juga: Longsor Banjarnegara, Malapetaka Besar Dalam Hitungan Menit)

Suatu ketika dia tampil dalam acara “Live Aid” di Wembley London dan berhasil mengumpulkan £70 juta. Uang itu nantinya akan digunakan untuk membantu mengatasi kelaparan di negara dunia ke-tiga. “Saya kira ini adalah hari terbesar dalam hidup saya,” kata Bob Geldof seperti yang dikutip Oxford Ensiklopedi.

Tak ubahnya dengan Geldof, Iwan Fals juga menunjukkan kepeduliannya melalui lirik dalam tembang Etiopia. Melalui lagu tersebut Iwan mencoba mengajak masyarakat Indonesia untuk peduli. Lagu ini juga sekaligus sebagai gambaran sebuah ketimpangan dan sindiran bagi mereka-mereka yang hanya berpangku tangan melihat keganasan paceklik di Etiopia.

“Obrolan kita di meja makan
Tentang mereka yang kelaparan”


Benar-benar lirik yang menggambarkan paradoks bukan?

Oleh Jihan


Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di bawah. Karena menurut saya, sebuah komentar adalah bentuk apresiasi paling sederhana. Terlebih komentar adalah sebuah penghargaan daripada hanya melihat, menengok terus pergi. Jadi, jangan segan untuk berkomentar.




Tag : Lain
0 Komentar untuk "Persamaan Iwan Fals Dengan Bob Geldof"

Back To Top