Film Horor Jadul Paling Berpengaruh pada Era 80-an dan 90-an

Dalam sejarah perfilman Indonesia, genre horor tercatat pernah mengalami masa kejayaan yaitu pada era 80-an. Bukan hanya karena ceritanya yang mampu membuat penonton merinding disko tapi juga karena aktris dan aktor pendukungnya yang memang kompeten. Berikut beberapa film horor jadul yang palingberpengaruh:

Film Horor Jadul Paling Berpengaruh pada Era 80-an dan 90-an

Malam Satu Suro


Dari semua film horor yang dibintangi Susana, Malam Satu Suro lah yang paling bikin ngeri. Film ini bercerita tentang kuntilanak atau sundel bolong yang menjelma menjadi manusia bernama Suketi. Untuk ‘sequence’ paling wow dalam film ini tentu saja saat paku pada kepala Suketi dicabut dan seketika berubah menjadi sundel bolong. Auuuwww penonton pasti buru-buru tutup mata. Jika dilihat dari plotnya memang biasa-biasa saja. Namun jika sudah melihat Susana berbicara, wuuuiiihhh seremnya minta ampun. Apalagi tampilannya saat menjadi sundel bolong. Aih aktris yang satu ini memang kunci suskes kengerian Malam Satu Suro. Tidak salah jika film garapan Sisworo Gautama Putra yang dirilis pada tahun 1988 ini menjadi ikon film horor Indonesia. (Jangan lupa untuk Download Avatar The Legend of Korra Book4 Episode 11 Indo)

Bayi Ajaib

Bayi Ajaib merupakan film garapan sutradara Tindra Rengat. Dorman adalah saingan Kasim dalam perebutan kursi lurah. Sebagai keturunan Portugis, Dorman menggunakan arwah nenek moyangnya untuk menjatuhkan Kasim. Suatu hari istri Kasim, Sumi, tiba-tiba jatuh terperosok ke dalam kuburan. Di sana Sumi bertemu dengan tengkorak yang kemudian membalik kandungannya ke belakang. Setelah lahir ternyata bayi tersebut tumbuh menjadi bayi ajaib atau lebih tepatnya anak yang kerasukan setan. Bagi mereka yang sudah pernah menontonnya, momen paling mengerikan adalah saat ada tangan yang tiba-tiba keluar dari dalam WC. (Baca juga Penghuni Mobil Bekas Ambulance)

Pengabdi Setan

Setelah ditinggal ibunya, si anak sering mengalami kejadian aneh di rumah. Dan sejak saat itu juga arwah ibunya sering bergentayangan di rumah. Menurut beberapa sumber, adegan paling mengerikan adalah saat arwah si ibu yang tiba-tiba muncul di jendela dan mengganggu anaknya yang sedang belajar shalat. Sutradara film ini adalah Sisworo Gautama Putra. (Baca juga Soundtrack Iklan Luwak White Coffee , Kimberly Rider)

Vampir China

Kira-kira anak 90-an mana yang tidak ingat dengan film-film vampir dari China? Saat menonton mereka memang terlihat ketakutan. Tapi siapa sangka anak-anak tersebut justru memainkan vampir-vampiran setelahnya. Mungkin karena film ini memang sangat berpengaruh. Oh ya, kalian masih ingat aktor bernama Lam Chin Ying? Hampir di setiap film vampir dia selalu tampil sebagai pendeta. Mungkin bisa dikatakan dialah ikon film vampir China. Hehe.

Banyak orang yang membicarakan mainan masa kecil. Banyak juga yang membicarakan jajanan masa kecil. Dan bisa jadi kali ini kita sedang membicarakan film horor masa kecil. Bagi kalian yang memiliki daftar film yang lebih lengkap tentu bisa menambahkannya di sini. Dan jangan mengaku sebagai penggemar film horor yang kafah jika belum menonton film-film yang tersebut di atas.

Oleh Jihan


Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di bawah. Karena menurut saya, sebuah komentar adalah bentuk apresiasi paling sederhana. Terlebih komentar adalah sebuah penghargaan daripada hanya melihat, menengok terus pergi. Jadi, jangan segan untuk berkomentar.




Tag : Lain
0 Komentar untuk "Film Horor Jadul Paling Berpengaruh pada Era 80-an dan 90-an"

Back To Top