Bismarck Si Kanselir Besi

Otto von Bismarck lahir pada tahun 1815 di Schönhausen, Prusia, Jerman. Dia adalah keturunan bangsawan Prusia. pada tahun 1862 Bismarck mengabdi sebagai Perdana Menteri Prusia. Kemudian pada tahun 1871 dia turut berjasa menyatukan Jerman.

Bismarck Si Kanselir Besi

Menurutnya teka-teki besar perihal waktu harus diselesaikan melalui “darah dan besi” dan teka-teki paling besar baginya adalah masa depan Jerman. Pada 1870 terjadi perang antara Prancis dan Prusia. (Jangan lupa baca Persamaan Iwan Fals Dengan Bob Geldof)

Kemenangan telak Prusia atas Perancis pada tahun 1871 ternyata mampu menarik negara-negara berbahasa Jerman yang lain bergabung ke dalam Reich (imperium) Jerman dengan Wilhelm dari Prusia sebagai kaisar dan Bismarck sebagai Kanselir. (Jangan lupa juga Film Horor Jadul Paling Berpengaruh pada Era 80-an dan 90-an)

Namun sayang, karir Kanselir Besi ini berakhir setelah Wilhelm wafat. Pada tahun 1890 dia dipecat oleh Cucu dari Wilhelm, Wilhelm II. Pemecatan ini terjadi lantaran Wilhelm II cemburu atas kekuasaan Bismarck. (Yang belum nonton, ambil Download One Piece 674 Indo)

Oleh Jihan




Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di bawah. Karena menurut saya, sebuah komentar adalah bentuk apresiasi paling sederhana. Terlebih komentar adalah sebuah penghargaan daripada hanya melihat, menengok terus pergi. Jadi, jangan segan untuk berkomentar.




Tag : Lain
0 Komentar untuk "Bismarck Si Kanselir Besi"

Back To Top